Syarat Pembuatan Visa ke Turki

Apa ya.. semoga saja nge-post ini bermanfaat🙂

Sekedar info.. visa ke turki sudah bisa on arrival sekarang. Tapi untuk kunjungan dlm waktu singkat. Untuk lebih pastiya silahkan hub kedutaan di –> 021-5256250

Tapi ini kalo mau bkin via kedubes RI di Ind, syaratnya sbb:

  1. Mengisi formulir aplikasi visa dengan lengkap (formulir di ambil di kantor kedutaan Turki Jl. H.R. Rasuna Said Kav. 1 No. 1 Kuningan, bersebelahan dengan kantor kejaksaan)
  2. Dua lembar pas photo berwarna ukuran 4×6. Warna background tidak di tentukan (FYI. boleh kok pake jilbab, mungkin yang kemarin ngasih tau saya kalau harus keliatan telinganya belum update kabar terakhir.)
  3. Paspor Asli dan fotokopi paspor yang halaman berisikan identitas diri, tanda tangan pejabat imigrasi, catatan pengesahan, alamat.
  4. Surat Sponsor (kalau anda didanai).
  5. Surat Undangan atau bukti keikutsertaan.
  6. Bukti reservasi hotel.
  7. Print out booking tiket (lebih baik anda booking tiket dulu dan baru benar2 membeli tiket jika visa sudah jadi, kecuali anda tidak khawatir kehilangan uang sejumlah harga tiket ke sana..)
  8. Fotokopi Kartu Keluarga.
  9. Lama waktu pembuatan kurang lebih 1 minggu. Bahkan bisa beberapa hari sudah jadi.
  10. IDR 520.000 untuk pembuatan visa.
Pastikan anda bawa KTP atau tanda pengenal diri, soalnya percuma anda bawa seluruh persyaratan di atas tapi.. ga bisa masuk kantor kedutaan, karena untuk masuk harus meninggalkan KTP, even HP (kecuali pak Satpam berbaik hati dan mengijinkan anda masuk, well.. itu namanya lucky🙂 )
Good luck!😀

13 thoughts on “Syarat Pembuatan Visa ke Turki

  1. waktu muda dulu (sekarang masih muda sih😀 ) mimpi n pengennn banget ke turki… jadi balik lagi semangat pengen ke turkinya ^^, ngapain aja disana ammah husni?

    • kak na nyasar lagi nieh.. ;D
      presentasi disana kak na, ada acara konferensi psikologi gitu kak.. doakan lancar ya kak, tengah okt baru brgkt🙂

      iya.. apalagi istanbul, cuaaaantttikk kali kota tu..
      pengen ketemu erdogan juga, haha.. #praying +_~

  2. dear mba husni,
    aku punya pacar di Turki dan belum lama ini dia melamarku. lalu dia nyuruh aku datang ke Turki. Seneng ya..tp terhambat dengan pengurusan visa. Sepertinya dia kurang paham dan agak ribet untuk membuat Surat Sponsor. mba husni tau ga, kira2 bisa ga ya tanpa surat sponsor tp alamat dan no. telepon dr si sponsor (pacarku) itu jelas kok. mba husni please donk kasih saran… thnx before🙂

    • surat sponsor biasanya diperlukan jika memang ada keperluan studi atau bisnis sbg garansi bahwa perjalanan kita ke turki terjamin, ada yang mendanai. Setahu saya tetap bisa buat visa tanpa itu, apalagi sekarang turki visanya on arrival, mungkin kalau cuma sebentar ke turki bisa pake VOA dlu, klo memang berniat menetap lama, baru buat visa untuk wktu yg lama. Krn klo VOA paling lama untuk 30 hari kunjungan, begitu mbak setahu saya.

      terlebih mbak sudah punya tempat tujuan (rumah/t4 tinggal yang jelas), saya rasa sudah cukup bisa untuk pembuatan visa.

  3. ASSALAMU’ALAIKUM MBA HUSNI…AKU MAU TINGGAL LAMA DI TURKI…JENIS VISA APA YA YANG BISA AKU DAPETKAN..MENGINGAT CALONKU ORANG TURKI…TAHUN DEPAN KITA MENIKAH INSYA ALLAH…APA BISA PAKAI VISA ON ARRIVAL?
    ATAU VISA IZIN TINGGAL/ DIMANA MENGURUSNYA?TERIMAKASIH MBA…YUD RUSDHA

    • VOA setau saya digunakan utk stay singkat, selama 30 hari maksimal. Klo lebih dari itu mungkin perlu mengurus di kedubes turki di Jkt.. tanya2 via telp juga bisa kok mas ksana. InsyaAllah pengurusan visa nya mudah dan cepat (paling lama seminggu)..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s