PDKT Afterglows.. (2nd day)

Hari ke-2!

Hmm, yah, jam 3 kami udah mulai bangun, dimulai dengan QL (Qiyamul Lail), dst sampe kultum Shubuh.

Singkat cerita acara untuk sesi materi baru dimulai pukul 08.00, setelah kita makan, dst..Dan inilah yang ditunggu-tunggu!

Tarraaaa….

“PELATIHAN MENULIS EMPATI”

Baru kali ini saya ikut pelatihan menulis sehebat ini (ya iyalah.. orang ini pertama kalinya saya ikut latihan kepenulisan =.=’)

Dalam 4 jam itu perasaan kami dikocok2 habis!

Mulai dari 1 jam pertama, paradoks itu terjadi. Judul sesi ini adalah “EKSPLORASI IDE” diisi sama mba Rara (Pendidikan Akuntansi USD). Saat itu kami bisa menangis tiba2.. diiringi instrument musik yang sedih2 dan imajinasi yang kami bayangkan semua peserta menangis! Menangis sambil menulis… (saya dan teman samping saya menghabiskan berlembar-lembar tissue), tak hanya yang akhwat, yang ikhwan semuanya nangis! Habis itu kita diminta untuk cerita yang ditulis.. (dan di sesi ini kami masih bercerita sambil menangis..). Hmm.. begini rasanya menulis dari hati.

Tak lama setelah itu masih di sesi ‘eksplorasi ide’, kami diminta mengimajinasikan hal2 yang menyenangkan! Dan lagu nya langsung diganti yang seneng2, yang riang. Kami disuruh senyum! Ketawa, dan melupakan menit2 sebelumnya saat kami menangis deras. (Errr.. bnar2 mengocok perasaan saya), tapi entah karena terbawa suasana atau bagaimana ya saya lupa sama sedihnya, terus senyam senyum sendiri. Dan sama seperti menit sebelumnya, kami diminta menceritakan cerita menyenangkan itu. Dan sesi ini berakhir heboh luar biasa dengan cerita dari mas Taufik. Begini beliau berkata, ”Pengalaman paling menyenangkan bagi saya… adalah ketika… lamaran saya.. diterima.. oleh wanita yang sekarang menjadi isteri saya … (Wooooohhh… berhubungan seisi ruangan itu keliatannya pada belum nikah semua, akhirnya GALAU KABAR pun terjadi, sorak sorai, dan yah.. u know lah~.~). Dan cerita ini berakhir indah dengan cerita kelahiran anak beliau yang sekarang sudah berusia 1 tahun (wah.. kami punya ponakan :D). Cerita beliau diakhiri dengan tepuk tangan yang riuh dari peserta dan panitia. Dan FLP sukses mempesona saya di awal hari keduanya.

Sesi kedua adalah “MEMILIH IDE”, diisi sama mba Flo (HI UGM, bener gak ini?kayaknya sih bener). Suka juga sama sesi ini, ada gambar2 dan kita memilih gambar mana yang akan menjadi inspirasi ide untuk tulisan kita. Ada banyak gambar dan pilihan saya jatuh pada Gunung Fujiama Jepang. Tentu saja karena saya suka naik gunung,  dan akan lebih mudah menulis kalau membayangkan sesuatu yang pernah anda lakukan. Pas angkat tangan saya celingukan, eh.. akhwat nya hanya saya?? Oh.. beruntung, rima, temen sebelah saya mengacungkan jari juga. Dan kami berkumpul dengan pemilih gambar yang sama, waktu itu ada 3 ikhwan dan 2 akhwat (termasuk saya) memilih gambar tersebut. Dan kita diminta membuat cerita  dari gambar tersebut.  Ah… saya jadi ngerasa geli sendiri kalau inget cerita yang kami bikin, kartun, konyol.. dan segala ketidakmungkinan terjadi dalam cerita kami, mulai dari kera sakti, doraemaon, sailormoon, digimon pun masuk dalam cerita karangan kami. Haha.. meski akhirnya saya rada menyesal, cerita ini kok kurang nilai ya.. padahal kan harusnya menulis itu penuh makna. Tapi it’s oke lah, buat pelajaran.

Oke… sesi selanjutnya adalah “MENGEMBANGKAN IDE”. Oh well, dari awal mas Whisnu (Pertanian UGM, bener ga sih? kayaknya sih iya) ini maju ke depan, saya yakin seyakin-yakinnya kalau beliau pasti orang yang cinta komik, manga, anime dan lain-lain. Dari gaya guyonan, dan cara bicaranya terdeteksi jelas (hehe, sotoy sekalii saya). Tapi belum tau juga sih, bisa dikroscek kapan2🙂 Berhubung saya juga suka komik dan sodara2nya, guyonan dan gaya tingkahnya bikin ketawa juga. Ini sesi yang penting bin rumit bagi saya, sayang seribu sayang waktunya tinggal sedikit.. jadi kurang eksplor di bagian ini, mana pas itu lampunya mati pula. Tapi meski begitu, saya suka sesi ini, bagus..😀

Oke sesi pelatihan menulis empatik diakhiri dengan “ke-alayan” panitia. Ehmm.. bagian ini RAHASIA, kalau ingin tahu daftar FLP saja! Pokoknyaaa… mantaafff! Two thums up buat panitia, ide gilanya sangat kreatif!😀

Oke..acra selanjutnya adalah pengumuman2.. mulai dari ‘kewajiban’ kami untuk mengumpulkan karya tiap minggunya sebelum hari Sabtu jam 12.00, sampai pengumuman2 lain seperti peserta ikhwan, akhwat terbaik, kliping terbaik, kliping terburuk, surat cinta paling romantis, surat cinta paling simple.. dan berikut ini orang-orang kurang mujur yang dapet medali permen siang itu.

Peserta ikhwan terbaik diperoleh oleh Uman, akhwatnya.. err..saya (how come??), kliping terbaik (nay dan saya…heu, kerja begadang saya manfaat juga), kliping terburuk, hahai.. luqman (lah masih ‘mreteli’, alias belum dijilid, haha). Surat cinta teromantis Wimas (suit..suit…😀 ), yang tersimple uman (benar2 simple, cuma pke kertas secuil, dan tulisan beberapa baris =.=’). Dan lalu pemilihan ketua angkatan FLP 13, untuk yang ikhwan yang kepilih ustadz Salim A. Fillah versi kami, ahaha.. ya, siapa lagi kalau bukan Rizal. Lalu yang ketua akhwatnya, err…. saya (dengan mengibarkan bendera putih tanda menyerah akhirnya saya bersedia T.T). Lalu acra diakhiri dengan penampilan“Teater Pena” yang keren luar biasa!!! Malahan si Wiwin sampai nangis pas nonton drama nya (hehe, meski saya bingung bagian mana yang semengharukan itu, bagus sih iya, banget, tapi mungkin karena efek mengantuk, saya ga terlalu kebawa emosi).

Oh Well itulah sesi ke-2. Seruuuu.. sekali. Makanya tahun depan daftar FLP gan! Dijamin, ilmunya berjibun sekaliii.

Punya keluarga dan komunitas baru.. rasanya bikin hidup lebih hidup. Apalagi menyenangkan sekali begini. Semoga tahun ini kami bisa bikin karya yang manfaat, atau bahkan bikin buku. Amiinn…😀

4 thoughts on “PDKT Afterglows.. (2nd day)

Leave a Reply

