K to K

Weekend ini saya habiskan di sebuah kota yang terkenal dengan nasi jamblang dan tahu gejrot nya.

nasi jamblang

nasi jamblang, enak, murah pula

Tapi saya nggak pengen cerita kulinernya. Yang lain ada yg lebih berharga soalnya..๐Ÿ™‚

Jadi, pas ke Cirebon kemarin saya tinggal di rumah temen saya. Dan di sana rasanya saya dapat banyak pencerahan dari rumahnya, eh.. maksud saya habis dari rumah temen saya itu.

Bapak Ibuk temen saya itu guru dan dosen, bidang medis dan eksak begitu, keperawatan dan apaa gitu, krg tau saya. Kata salah satu dosen saya, biasanya orang2 medis itu suka ngeremehin Psikologi, karena yah.. medis itu juga bisa loh ngobatin jiwa, gak cuma fisik aja.. gitu. Dan menurut saya ini bener2 sugesti buruk klo utk ukuran dosen, harusnya kalau dosen Psikologi gak boleh over generalized sesuatu seperti itu, buktinya ketika saya berorganisasi dengan banyak orang medis mereka baik2 semua soal cara pandang ini.

Begitu pula dengan Bapak dan Ibu temen saya itu. Pas saya ngobrol-ngobrol sama Bapaknya, yang pertama kali diomongin malah ini :

โ€œpsikologi itu kalau dulu dianggap sekuler.. gara-gara pemikiran filosofis Baratnya, tapi Bapak seneng lah.. kalau liat temen2 ini yang giat ngembangkan ilmu Psikologi Islamnya.. yang salah itu bukan Psikologinya, ilmu itu metode saja.. mereka (orang2 barat) saja yang suka berlebihanโ€

Demi mendengar kata Psikologi Islam saya keselak, dan hampir terbatuk-batuk.

Hey.. bapaknya ini bukan orang Psikologi.. dan dia sangat appreciate sama ilmu itu. Senangnya denger orang luar bahas hal ini ;D

Dan berada di rumah itu bikin saya inget sama rumah keluarganya Om Ade (omnya kakak ipar saya). Ada sebuah kebiasaan yang sama, yaitu.. selalu ada kultum seusai sholat Magrib berjamaah di rumah. Pas itu Cirebon hujan deras, jadi kami sholat jamaโ€™ah di rumah. Dan si Bapak yang kultum waktu itu memulai kultum beliau dengan sebuah pertanyaan:

โ€œMas, coba kalau Bapak tanya, kalau orang muslim itu sholatnya dimana?โ€

Temen saya yang cowok, rada kaget ditanya begitu, ini nanya ngetes, apa piye?

โ€œDi masjid pak..โ€

โ€œYa, betul sekali.โ€

Temen saya: huff.. lega..

Lanjut si Bapak

โ€œTapi ada yang aneh ya.. kita ini punya akal, tapi suka gak sinkron sama perbuatan. Kalau ditanya, kayak tadi kita pasti langsung jawab: mesjid, tapi prakteknya.. lebih sering sholat dimana kita? Di mesjid apa di.. rumah?โ€ lantas bapaknya tersenyum, sementara temen saya tersenyum kecut. โ€œSaya ini sering berpikir, kita ini sedari TK sampai kuliah sering kali dihimbau untuk hidup yang rukun , saling kerjasama, bareng-bareng untuk hal-hal yang baik. Kita ditawari embel-embel sukese sosial dengan rajin berorganisasi, rajin diskusi, kerja tim dan sebagainya. Bahkan untuk hal-hal yang buruk pun kita sering mengerjakan sama-sama, korupsi… pembunuhan, nyontek.. Tapi herannya mengapa ya yang aktivitas bersama-sama yang diperintah Allah justru kita abaikan begitu saja??โ€

Ya.. arah pembicaraannya semakin jlas..๐Ÿ™‚

Beliau berkata, aneh.. kalau dosen nyuruh kita tugas kelompok ini, kita cepet, nurut, bagi tugas.. dst. Kalau bos kita ngasi deadline tugas ini, dan bagi jobdesknya kita segera menghubungi orang2 yang mungkin bersangkutan dengan proyek kita.. tapi… mengapa saat Allah memerintahkan kita sholat berjamaah.. kita justru enggan dan memilih untuk sendirian saja..

Padahal disitu Allah mengajarkan kita berjuta makna, hidup bersama-sama (berjamaah) salah satunya.

Lanjut si Bapak,

โ€œMungkin ini sebabnya negeri ini makin morat-marit saja. Akal dan perbuatan manusianya suka gak sinkron. Banyak orang-orang yang melakukan perbuatan munafik, yang perintahnya lebih wajib justru santai-santai, yang perintahnya dari sesama manusia langsung tancap gas..”

ย Kata si Bapak lagi, “Saya pernah dengar dulu, seorang Psikolog berkata begini โ€œKalau anak Bapak tidak mau sholat, tidak boleh dipaksa.. pelan-pelan saja, tidak boleh dikerasi..โ€ Lah, saya ndak setuju sama psikolog model begini, waktu itu saya balik nanya begini: โ€œKalau begitu, nanti kalau ada mahasiswa yang telat masuk ujian dibolehkan saja, biar saja. Kalau ada yang telat ngumpulin tugas sama saya biarkan saja, ndak usah dikerasiโ€ gitu?? โ€ Kata psikolog: โ€œNah, kalau itu nanti ndak melatih kedisiplinan pak..โ€ Olala.. kata si Bapak, ternyata disiplin sama manusia lebih penting daripada disiplin sama Allah ya.

Ya.. itu sedikit cerita, balik lagi ke sholat berjamaah. Kata Bapak โ€œ baligh itu salah satu cirinya berakal, bisa membedakan baik dan benar, cuma sekarang manusia itu cuma berakal saja, tapi prakteknya nol besar. Padahal akal dikasi supaya kita tambah kuat imannya, tambah baik takwanya. Dalam hal berpakaian saja, coba liat, mau sholat kok ya masih pada suka pake kaos.. kalo ngampus aja disuruh pake hem. Mbok ya, kita belajar menghargai moment2 sholat bahkan dari segi pakaiannya..โ€

Hmm.. ya betul, nabi saja selalu mengenakan pakaian terbaik beliau saat sholat, demi merasa sekan benar-benar hendak bertemu Tuhannya.

โ€œJadi.. ayolah, kalau kita ketahui fadhilahnya sholat berjamaah.. dan tidak menyepelekannya, kita harusnya bergegas. Pahala 27 kali lipat, masa ya kita sia-siakan.. pahala berjalan menuju masjid juga.. kalau dihitung ndak ada habis pahala dari Allah untuk orang yang sholat berjamaahโ€

Betul sekali, batin saya. Saya jadi inget salah satu materi kuliah yang menceritakan tentang betapa para sahabat Nabi sangat senang bertanya pada Nabi tentang fadhilah/ keutamaan ttg sesuatu hal. Misalnya.. amal apa yang paling disukai Allah ya Rasul? Atau Mana kah yang lebih utama ya Rasul.. ini atau ini? Mana yang lebih baik menurut Engkau ya Rasulullah? Dan seterusnya.. Para shahabat, yang keimanannya termasuk dalam kategori sekuat baja begitu saja sebegitunya.. mengejar-ngejar pahala kebaikan, dan memaknai setiap perintah Allah dengan seksama. Apa iya, kita sudah merasa aman dengan begini-begini saja, lantas.. semudah itu membiarkan hikmah besar dari sebuah ibadah bernama sholat berjamaah??

โ€œSahal bin Saโ€™ad r.a berkata, Rasulullah SAW bersabda, Sungguh bergembira mereka yang selalu berjalan ke masjid di malam yang gelap bahwa mereka akan mendapatkan cahaya yang sempurna pada hari Kiamatโ€ (HR Ibn Majah, Ibn Khuzaimah, & Hakim-at Targhib)

Berikut ini beberapa keutamaan sholat berjamaah:

Menggugugurkan dosa & meninggikan derajat Rasululloh bersabda:

ู…ูŽู†ู’ ุฑูŽุงุญูŽ ุฅูู„ูŽู‰ ู…ูŽุณู’ุฌูุฏู ุงู„ู’ุฌูŽู…ูŽุงุนูŽุฉู ููŽุฎูŽุทู’ูˆูŽุฉูŒ ุชูŽู…ู’ุญููˆ ุณูŽูŠู‘ูุฆูŽุฉู‹ ูˆูŽุฎูŽุทู’ูˆูŽุฉูŒ ุชููƒู’ุชูŽุจู ู„ูŽู‡ู ุญูŽุณูŽู†ูŽุฉูŒ ุฐูŽุงู‡ูุจู‹ุงูˆูŽุฑูŽุงุฌูุนู‹ุง

Barangsiapa berangkat ke masjid, maka satu langkah menghapus satu keburukan, dan satu langkah ditulis satu kebaikan, di saat pergi dan pulang. (HR. Ahmad, no: 6599, 10/103, dari Abdulloh bin Amr bin Al-Ash, dishohihkan syaikh Ahmad Syakir)

Keutamaan besar! Jika orang tahu, dia akan datang walaupun merangkak!! Rasululloh bersabda:

ู‚ูŽุงู„ูŽ ู„ูŽูˆู’ ูŠูŽุนู’ู„ูŽู…ู ุงู„ู†ู‘ูŽุงุณู ู…ูŽุง ูููŠ ุงู„ู†ู‘ูุฏูŽุงุกู ูˆูŽุงู„ุตู‘ูŽูู‘ู ุงู„ู’ุฃูŽูˆู‘ูŽู„ู ุซูู…ู‘ูŽ ู„ูŽู…ู’ ูŠูŽุฌูุฏููˆุง ุฅูู„ู‘ูŽุง ุฃูŽู†ู’ ูŠูŽุณู’ุชูŽู‡ูู…ููˆุง ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ู„ูŽุงุณู’ุชูŽู‡ูŽู…ููˆุง ูˆูŽู„ูŽูˆู’ ูŠูŽุนู’ู„ูŽู…ููˆู†ูŽ ู…ูŽุง ูููŠ ุงู„ุชู‘ูŽู‡ู’ุฌููŠุฑู ู„ูŽุงุณู’ุชูŽุจูŽู‚ููˆุง ุฅูู„ูŽูŠู’ู‡ู ูˆูŽู„ูŽูˆู’ ูŠูŽุนู’ู„ูŽู…ููˆู†ูŽ ู…ูŽุง ูููŠ ุงู„ู’ุนูŽุชูŽู…ูŽุฉู ูˆูŽุงู„ุตู‘ูุจู’ุญู ู„ูŽุฃูŽุชูŽูˆู’ู‡ูู…ูŽุง ูˆูŽู„ูŽูˆู’ ุญูŽุจู’ูˆู‹ุง

Seandainya manusia mengetahui (keutamaan) yang ada pada adzan dan shof awal, lalu mereka tidak akan mendapatkannya kecuali mereka melakukan undian padanya, pastilah mereka melakukan undian. Dan seandainya mereka mengetahui (keutamaan) bersegera (ke masjid), sungguh mereka pasti berlomba padanya. Dan seandainya mereka mengetahui (keutamaan) yang ada pada (sholat) โ€˜atamah (isyaโ€™) dan subuh, sungguh mereka pasti mendatangai keduanya, walaupun merangkak. (HR. Bukhori, no: 615, dari Abu Huroiroh)

Thus.. mari kita tumbuhkan lagi semangat sholat berjamaah ini.. Semoga niatan kita jauh lebih jauh.. lagi dari sekedar mengharap pahala yang lebih banyak, namun karena mencintai hal-hal yang dicintai Allah. โ€œPada hari kiamat Allah SWT akan bertanya, dimanakah tetangga-tetanggaku? Para malaikat akan bertanya: Siapakah tetangga2-Mu ya Allah? Lalu Allah SWT akan menjawab: Tetangga-tetanggaku adalah orang yang senantiasa memakmurkan masjidโ€ Yah.. ini buat ngingetin saya sendiri tepatnya, semoga nanti kalau di rumah tetep sering jamaah, nggak cuman pas di asrama aja beginiannya.

Bagaimana dengan anda? Smoga segera mencoba. Apapun kerjaan kita, STOP! Kalau udah denger adzan langsung cari makan. Eh.. cari mesjid.๐Ÿ˜€

Dan sholat berjamaah.. ;D

solat jamaah

sholat jamaah yoo

sholat di atas pesawat

yang di pesawat ini sampai bela2in begitu supaya berjamaah..

Referensi:

  1. Al-Khandalawi, Maulana M. Z.,. 2001. Kumpulan Kitab Fadhilah Amal. Pustaka Ramadhan: Bandung.
  2. Catetan kuliah Ulumul hadits

NB: Kayaknya ini kali kedua saya bikin postingan ttg berjamaah, sebelumnya yang ini nih. Oh ya, saya jadi inget kakak saya sendiri.. rajin ga ya dia di sana?? Smoga iya lah.. amin..

13 thoughts on “K to K

    • Mana lagi mbak yg paling susah dibangunin Shubuh dan kerep marakke marmos.., haha, mas arif tercinta kae lah.. +___+

      btw yg TPA itu makasi y mbak diingetin, tp bner kok fitri ma mb dian lgi ngonsep kegiatannya.. cm mgkin ntar mb dian yg banyak teknisnya, soale mgkin banyak acara malem..

  1. @ sunni: oh.. mmg beda2 sih, tp ketoke nek ditnya ky gitu bnyk org reflek bilang masjid (100%asumsi sih), tp nek kt bpk ny sih gitu, mgkin bliau sdh pnah brkali-kali nanya.

    @ginta: wee.. emang ngerti maksud jdl ku apa :p..
    wes.. jian ginta ki senengane menyulut ‘pertikaian’. sedino apikan tpi berhari-hari slnjutnya penuh dg penindasan. patut diwaspadai… ;D

  2. Saya angkat bicara deh…
    brsyukurlah deekk.. aq dsini tinggal dlingkungan yg besar semangatnya beranjak kemasjid sbelum adzan tiba. walaupun usia2 senja. tapi banyaklah. smoga lingkungan bisa mempengaruhiq. secara pribadi, alhamdulillah subuh maghrib isya dmasjid te!! dzuhur ashar kadang2… coz krjo…

    • sip lah, sebisa mungkin ya subuh sama isya kuwi mas, nek dhuhur ashar ga ke msjid ya ngajakin tmn kerjanya jamaah wae.. ^^

      yg pnting sebisa mungkin ga munfarid, nabung amalan lah kitaa.. udah banyak dosa.. amalan sunnahnya nggak ada..

      moga sukses Bro!!! pray 4 u alwais, here ;D

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s