Pengamat amatiran

Kalau anda sedang sibuk,atau punya banyak tugas, atau utang (loh?), segera arahkan kursor anda pada tanda silang dan tutup laman blog ini, karena postingan selanjutnya akan sedikit tidak penting😛..haa

Baiklah, disela-sela ngerjain PKM dan skripsi yang bikin saya ‘bahagia’, malah jadinya ngeliat poto2 pas ke Malay kmarin. Dan mengamati ‘sesuatu’.

Jadi, sedikit crita nih, ttg ibu saya. Ibu saya itu.. subhanalloh..perempuan Minang tulen >.<.. Apa ciri2nya perempuan Minang tulen selain handal memasak???

Yup, kalau dia itu pintar menjahit!:D

Dan ibu saya.. jago sekali utk yg satu ini! Sedari buaian hingga liang lahat, eh maksud saya.. dari kecil sampe yah.. kira2 SMA gitu (kuliah juga sih, beberapa), baju2 yang saya pake itu buatan ibu. Baju muslimnya terutama, apalagi pas SD atau mau deket2 lebaran gitu..wah ibu dah heboh pasti ngajak saya ke toko kain n let me to choose my favourite pattern utk dibikin baju.

Akan tetapi sedihnya sejauh ini ‘bakat’ dan potensi jahit-menjahit ibu agaknya baru sedikit yang diturunkan pada saya. Sejauh ini prestasi saya dalam hal jahit menjahit adalah membuat sprei, guling, bantal, satu set. Gampang banget nek ini, lah.. jahitnya Cuma luruuuuussss….. wes jadi.:D

Terakhir kali saya ditraining ibu menjahit itu bikin ‘gamis’, tapi, sampe sekarang masi tersimpan rapi di rumah dalam bentuk potongan2 kain yang belum kesambung (intine yo rung dadi lah =.=’). Terakhir saya menjahit baju itu pas kelas 3 SMP, di mata pelajaran PKK, itu pun lengan kanan dan kiri tidak seimbang sehingga bajunya tidak layak jual bin tidak layak pakai *menyedihkan*.

Tapi ibu saya menghargai ‘sedikit’ kesukaan saya soal men-design baju. Jadi kalau pas kecil, saya yang milih motif kain, trus ntar saya gambar model bajunya. Dan ibu yang jahit. Dan lumayan lho, kalau pas jaman kecil, baju lebaran saya kemudian banyak ditiru oleh anak2 sekampung *jiah*. Rodo seneng sitik lah, soale itu kan design baju sendiri. Dan oleh karena nya saya suka ngamati pakaian orang, hoho, kabeh2 di delokke +____+, kadang cara orang memilih pakaian, warna, dan mode itu menunjukkan kepribadiannya lho.

Dan itulah yang saya amati sama poto2 di kemarin.

Ternyata, gak Cuma di Indonesia yang lagi merebak mode jilbab ala Timur Tengah. Yang kayak gini nih:

model yg lg in nih

Coba aja amati baik2 mahasiswa yang pakai jilbab di sekitar anda(liat jilbabnya, bukan wajahnya yaa..  :D ), setidaknya ada yang jilbabnya kayak gitu.

Dan itu ternyata ga hanya terjadi di negeri kita, di Malay, di Thailand, di Filipina, dll model kayak gitu lagi ‘in’ banget. Ini buktinya pas saya jeprat-jepret sama temen2 yg ktemu di Malay dr berbagai negara.

muslimah malaysia

muslimah malaysia

muslimah thailand

muslimah thailand

muslimah mana-mana

muslimah mana-mana

Entah kenapa bisa begitu ya, domino effect lah.. Apa karena muslimah tim-teng yang akhir2 ini sering disorot ya? Lewat berita2 yg marak ttg konflik di Tim-Teng seperti revolusi Mesir kemarin, atau konflik di Libya, dan kasus2 pelarangan jilbab yang makin marak (apanya yg demokrasi! Hu…).

 Tapi kalau kata temen saya gara sosok Anna Alfathunnisa yg di film KCB, model jilbabnya kan rada2 njiplak model Tim-tengah.

Alla kulli hal.. ndak tau juga lah, tapi setidaknya itu model begitu lebih baik untuk gantikan model yang  PoLem (poni lempar) begini:

poninya keliatan

poninya keliatan...

Daleman jilbab model timur tengah itu rapet dan bikin rambut kita kttup rapih.

Meski terus ada yang memodifikasi seperti poni beneran kayak mbak2 ini:

daleman jilbab dijepit

daleman jilbab dijepit..

Ala kulli hal.. alhamdulillah masih nutup aurat, meski kalau saya sendiri sebenernya gak terlalu suka model begitu, soalnya.. daleman jilbab (biasa dipanggil ciput) nya ketat banget, bikin kupingnya sakit.

ketat banget

ketat banget

Ala kulli hal.. tapi yang penting masih nutup aurat ya. Alhamdulillah. Smoga jilbabnya ga transparan sih (meski banyak yg gitu), kan percuma juga jadi nerawang jadi keliatan rambutnya. Atau kuncirannya keliatan.. aurat nya tetep kliatan deh..

surat An-Nuur : 31 berbunyi : “Katakanlah kepada wanita yang beriman : “Hendaklah mereka menahan pandangan mereka dan memelihara kemaluan mereka dan janganlah mereka menampakkan perhiasan mereka kecuali yang (biasa) nampak dari mereka. Dan hendaklah mereka menutupkan kain kudung ke dada mereka, dan janganlah menampakkan perhiasan mereka, kecuali kepada suami mereka atau ayah mereka atau ayah suami mereka (mertua) atau putra-putra mereka atau putra-putra suami mereka atau saudara-saudar mereka (kakak dan adiknya) atau putra-putra saudara laki-laki mereka atau putra-putra saudara perempuan mereka (=keponakan) atau wanita-wanita Islam atau budak-budak yang mereka miliki atau pelayan-pelayan laki-laki yang tidak mempunyai keinginan (terhadap wanita) atau anak-anak yang belum mengerti aurat wanita. Dan janganlah mereka memukulkan kaki mereka agar diketahui perhiasan yang mereka sembunyikan.
Dan bertaubatlah kepada Allah, hai orang-orang yang beriman supaya kamu beruntung.“

surat Al-Ahzab : 59 berbunyi : “Hai Nabi katakanlah kepada istri-istrimu, anak-anak perempuanmu dan istri-istri orang mumin : “Hendaklah mereka mengulurkann jilbabnya ke seluruh tubuh mereka.”

Ala kulli hal..

Ada beberapa syarat utk jilbab yang baik (referensi menyusul yak, pokoknya buku Fiqh wanita tapi karangan siapa saya lupa, ntar saya cari lagi🙂 ):

  1. Meliputi seluruh badan yang dikecualikan
  2. Bukan berfungsi sebagai perhiasan
  3. Kainnya harus tebal
  4. Harus longgar (tidak ketat) sehingga tidak dapat menggambarkan sesuatu dari tubuhnya, dll

Kalau anda perempuan dan sudah pakai jilbab, ya.. alhamdulillah, smoga bisa istiqomah, kalau belum pakai.. ayuk.. pakai, kapan lagi coba? ini wajib lho, kayak sholat.. nah kalau anda laki2.. yah ingetin lah ibu atau saudara2 perempuannya, kalau2 ada yang blm pakai jilbab, atau sudah pakai tapi masih suka transparan jilbabnya.. diajak pakai yang lebih tebel.. +______+

Aih, saya jadi pengen keliling dunia lalu motoin model2 jilbabnya.. pasti sangat menarik >.< ketemu muslimah seantero dunia, hahai.. *cukup2*. Ayo.. down to earth dan kembali buka —> Ms. Word =.=

P.S: mohon maaf buat yg wajahnya saya corat-coret, saya butuh model jilbabnya saja soalnya(plak!). eh, nggak biar aman aja fotonya mbak2.. terjaga🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s